Jumat, 11 November 2011

Tugas Pengantar Bisnis 2

Tugas 1 = Tugas Mata Kuliah

1.      Jawablah pertanyaan di bawah ini

a.      Jelaskan pengertian manajemen

  •    Menurut Mary Parker Follet manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
  •  Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
  •   Oey Liang Gie, Guru Besar Manajemen UI mendefinisikan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengontrolan dari pada “human and natural resources” untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.


b.      Jelaskan fungsi utama manajemen

1)        Fungsi Perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.


2)        Fungsi Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.

3)        Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

4)        Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

2.      Jelaskan Pengertian
a.      Marketing
§     Menurut Philip Kotler  pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
§     Menurut William J. Stanton pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial.

b.      Marketing Mix
Kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain meliputi 4P, yaitu :


a.      Product (produk)
b.      Price (harga)
c.       Place (lokasi)
d.      Promotion (promosi)



3.      a).  Jelaskan pengertian perusahaan kecil
Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil.

b). Jelaskan perbedaan perusahaan kecil dan besar

Perbedaan Perusahaan Kecil dan Besar
Perusahaan Besar
Perusahaan Kecil
Umumnya dikelola bukan oleh pemilik
Umumnya dikelola oleh pemilik
Struktur organisasi kompleks
Struktur organisasi sederhana
Pemilik belum tentu mengenal karyawan
Pemilik mengenal karyawan
Prosentase kegagalan rendah
Prosentase kegagalan tinggi
Banyak ahli manajemen
Kekurangan manajemen yang ahli
Modal jangka panjang mudah diperoleh
Modal jangka panjang sulit diperoleh
Pengaturan keuangan telah menggunakan manajemen yang rapi
Gaya manajerialnya lebih hanya ke trial dan error
Pembagian kerjanya sudah sesuai dengan bagian – bagiannya
Komunikasi lebih efektif dan tidak berbelit – belit
Jaringan kerjanya luas
Jaringan kerjanya relative tidak luas


Dengan berbagai sumber :


 Nama : Hapsari Widayani
 Kelas  : 1EB04
 NPM   : 23211213












Tidak ada komentar:

Posting Komentar