Kamis, 11 Oktober 2012

Teori Ekonomi 1

Nama                : Hapsari Widayani
NPM                  : 23211213
Kelas                 : SMAK 05-3



Barang Netral, Surplus Konsumen, 
Pergeseran Kurva Permintaan dan Penawaran


                3.   Jelaskan dan berikan contoh mengenai  barang netral (neutral good)!
      Barang netral (neutral good) adalah barang konsumsi yang jumlah pembelian atau pemakaiannya tetap meskipun pendapatan konsumen bertambah dan barang yang satu dengan yang lainnya tidak memiliki keterkaitan sama sekali. 

Barang  X sebagai barang netral 

            Berdasarkan kurva diatas dapat diambil sebuah contoh bila pendapatan seorang konsumen yang awalnya Rp 1.000.000,- dan dia biasanya dapat membeli 10 kg beras dan 10 buku tulis. Kemudian pendapatan dia bertambah menjadi Rp 1.500.000,- dan hal tersebut tidak akan merubah jumlah barang yang biasanya dia beli karena permintaan terhadap beras dan buku tulis tidak mempunyai hubungan sama sekali, maksudnya perubahan permintaan dan harga beras tidak akan mempengaruhi permintaan buku tulis begitu juga sebaliknya.

9.   Jelaskan dan berikan contoh mengenai surplus konsumen!
·   Surplus konsumen menurut kamus lengkap ekonomi edisi ke -2 adalah kepuasaan atau kegunaan (utility) tambahan yang diperoleh konsumen dari pembayaran harga suatu barang yang lebih rendah dari harga yang konsumen bersedia membayarnya.
·    Definisi lainnya adalah suatu keadaan dimana konsumen yang mampu atau bersedia untuk membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga equilibrium.
Kurva Surplus Konsumen 


Berdasarkan kurva diatas kita dapat mengambil sebuah contoh yaitu terdapat harga keseimbangan (PE) sebesar Rp 15.000,00 dan dengan harga tersebut akan mendapatkan barang keseimbangan (QE) sebanyak 2 Kg buah apel. Andi membeli 2 kg buah apel dengan harga Rp 20.000,00. Hal tersebut akan menimbulkan surplus konsumen karena Andi dapat membayar lebih tinggi dari harga keseimbangan yang tersedia dan mendapatkan barang dengan jumlah yang sama.

                    15.   Jelaskan kurva dibawah ini dan berikan contohnya!

Berdasarkan kurva diatas menggambarkan bahwa bila harga suatu barang naik ( P) dan jumlah barang yang di minta atau di tawarkan  tetap akan menyebabkan permintaan suatu barang juga naik, sebaliknya penawaran menjadi turun. Hal tersebut dapat terlihat pada pergeseran kurva permintaan (D1 menjadi D2) dan kurva penawaran (S1 menjadi S2).  Contohnya adalah bila harga rumah naik maka permintaannya akan menjadi naik karena rumah adalah barang pokok untuk manusia. Walaupun harganya mahal otomatis tetap akan di penuhi karena manusia butuh tempat berlindung dan hal itu akan mempermudah produsen karena mereka tidak perlu berlebihan untuk menawarkan rumah tersebut.

Sources            :

1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar