Rabu, 24 Oktober 2012


Analisis Jurnal

PRICE ELASTICITY DYNAMICS OVER THE PRODUCT LIFE CYCLE: A STUDY OF CONSUMER DURABLES


Oleh :
SMAK-05

Hapsari Widayani (23211213)
J. Asfirotun ( 27211827)
Siti Iqlima Zeinia (26211808)




Tema
Elastisitas Harga

Pengarang
P. M PARKER dan R. NEELAMEGHAM

Tahun Pembuatan Jurnal
1992

Judul Jurnal
PRICE ELASTICITY DYNAMICS OVER THE PRODUCT LIFE CYCLE: A STUDY OF CONSUMER DURABLES


Latar Belakang

Elastisitas harga memainkan peranan penting dalam merumuskan strategi harga.  Elastisitas harga mengukur berapa persen permintaan terhadap suatu barang, berubah bila harganya berubah sebesar satu persen. Elastisitas harga disebut juga nilai absolut. Jurnal ini memperluas karya Parker  yang hanya mempertimbangkan pembelian pertama dan Simon  yang mempertimbangkan merek tingkat penjualan. Makalah ini juga menunjukkan bagaimana model Bass dapat dengan mudah dimodifikasi untuk account penjualan kategori total, model Bass menyatu untuk model pembelian ulang, stokastik (menjembatani dua tradisi yang sangat berbeda modeling).

Masalah

Tellis (1988) dan Parker (1992) mencatat bahwa untuk memperkirakan dinamika elastisitas, seseorang harus mengendalikan mendasari penjualan dinamika yang mungkin timbul dari proses difusi. Dalam hal ini, pertama-tama kita menggambarkan kategori tingkat penjualan model yang mengontrol untuk efek difusi, dan kemudian menjelaskan bagaimana elastisitas harga dimasukkan ke dalam model tersebut. Dalam rangka untuk mengontrol difusi berbasis dinamika selama siklus hidup produk kita memodifikasi pembelian pertama. Model yang diusulkan dalam Parker (1992) untuk menggabungkan penjualan kategori total, dalam rangka untuk mengontrol difusi berbasis dinamika selama siklus hidup produk kita memodifikasi pembelian pertama. Model yang diusulkan dalam Parker (1992) untuk menggabungkan penjualan kategori total.

Metodologi
Penelitian menggunakan data primer yaitu dengan mewawancarai tiga belas konsumen elektronik. Dengan metode tersebut peneliti memberikan informasi tentang bagaimana The Bass model dapat mudah diubah ke dalam kategori penjualan.

Hasil Analisis

Selain memperkenalkan model difusi yang menggabungkan kedua pembelian pertama dan pembelian ulang (Dengan demikian menjembatani model difusi dengan stokastik model pembelian ulang), penelitian ini menanggapi panggilan untuk empiris bukti dinamika elastisitas (Simon 1989). Untuk mendukung hipotesis penelitian elastisitas harga umumnya tertinggi selama fase awal dari siklus hidup, ketika ketidakpastian pembelian yang tertinggi dan pembelian ulang sebagai persen dari penjualan total terendah. Elastisitas yang terendah (kebanyakan inelastis) sebagai peningkatan pembelian ulang. Kemudian meningkatkan elastisitas untuk kategori menghadapi penurunan atau tetap rendah dalam sempit rentang nilai inelastis, jika kategori tidak menghadapi penurunan. Secara keseluruhan, kategori dinamika elastisitas muncul bervariasi sebagai fungsi dari sejauh mana kategori menjadi lebih dari kebutuhan dan / atau menghadapi kompetitif pengganti. Dinamika kekuatan yang diklaim untuk menghasilkan pola elastisitas. Hasil ini menghasilkan elastisitas dari Simon (1988) dan Parker (1992) yang mempertimbangkan tingkat merek dan  kategori tingkat elastisitas harga pembelian pertama, masing-masing (sebagai lawan dari elastisitas harga total penjualan).


Kesimpulan

Pertimbangan dari hasil kami jelas dapat mempengaruhi upaya untuk menggabungkan elastisitas kategori ke strategi penetapan harga yang optimal. Dalam pasar yang sangat terkonsentrasi atau dimonopoli, jangka panjang harga yang optimal strategi tidak boleh berasumsi elastisitas konstan ketika saham pembelian pertama dan ulangi berubah produk daur-hidup. Jika elastisitas menurun kemungkinan ada untuk inisiatif kategori baru, harga oleh merek individu untuk merangsang permintaan kategori utama akan memiliki efek terbesar mereka selama awal tahap siklus hidup produk. Selama periode ini, penjualan juga akan paling terpengaruh oleh siklus bisnis dan lainnya perubahan harga riil. Demikian juga, penjualan kategori tampil kurang terpengaruh oleh perubahan harga terhadap matang tahapan siklus hidup. Hanya menuju penurunan, atau akhir, fase melakukan peningkatan elastisitas, sehingga membuka kesempatan untuk menggunakan harga sebagai variabel strategis (meskipun total penjualan yang rendah atau menurun). Masa depan perpanjangan temuan empiris dalam kerangka penelitian normatif harus membuktikan berguna dalam menganalisis interaksi antara perusahaan-tingkat strategi dan kategori tingkat dinamika. Akhirnya, data tertentu keterbatasan kami Studi juga menyarankan memperluas penelitian empiris untuk kategori lainnya di mana penurunan dibuktikan fase telah terjadi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar