Senin, 01 Juli 2013

Analisis Jurnal
  
Performance Analyses Of U.S. Property-Liability Reinsurance Companies


1.    Tema, pengarang, tahun pembuatan jurnal
Tema                       : Mengidentifikasi kinerja perusahaan reasuransi di amerika dan membandingkan kinerja perusahaan reasuransi dengan asuransi primer.

Pengarang                             : Yueyun Chen dan Iskandar S. Hamwi

Tahun Pembuatan Jurnal      : 2000


2.    Judul

Judul Jurnal                             :  Performance Analyses Of U.S. Property-Liability Reinsurance Companies

3.    Latar belakang         :

Dewasa ini perusahaan reasuransi merupakan suatu yang terbilang mutlak dalam perkembang bisnis asuransi. Namun di Amerika Serikat tidak banyak terdapat perusahaan reasuransi domestik dan usaha reasuransi masih di dominasi di seluruh dunia terutama oleh perusahaan reasuransi negara – negara Eropa Barat. Lebih dari 20% dari reasuransi di Amerika Serikat ditulis atau dikerjakan oleh reasuransi asing non – lisensi. Hal ini terjadi lantaran banyak pihak di Amerika yang masih belum percaya dengan kinerja perusahaan reasuransi yang pemiliknya adalah orang amerika. Para nasabah masih meragukan kinerja perusahaan reasuransi milik Amerika dan lebih memilih asuransi  primer atau asuransi yang tidak menjual asuransinya kepada pihak asuransi lain. Oleh sebab itu, diadakan penelitian ini dengan maksud untuk membandingkan kinerja asuransi primer dan reasuransi domesrtik Amerika Serikat sehingga para nasabah akan merasa tertarik untuk memilih atau menggunakan bisnis reasuransi daripada asuransi primer.

4.    Masalah                  :

Permasalahan yang diangkat dalam jurnal ini adalah sedikitnya masyarakat Amerika yang percaya terhadap bisnis reasuransi domestik dan selalu membandingkan bisnis reasuransi terhadap asuransi primer. Dengan rasa ketidakpercayaan itulah yang membuat bisnis ini tidak maju di Amerika serikat. Sehingga banyak reasuransi domestic yang tidak dapat mengembangkan bisnis mereka padahal bila dapat berkembang dengan baik tentunya bisnis ini dapat berkembang pesat dan Amerika Serikat tidak perlu bekerja sama dengan perusahan reasuransi asing dalam bidang asuransi ini.

5.    Metodologi                   :
·       Data                        : Data yang digunakan dalam analisis ini adalah data primer  yaitu data keuangan perusahaan reasurasi yang bernama property – liability tahun 1991 – 1995 dan data sekunder.

·       Variabel                  : Variabel yang di gunakan dalam jurnal ini adalah analisis kinerja keuangan perusahaan reasuransi dan hasil perbandingan perusahaan reasuransi dengan asuransi primer.

6.    Hasil analisis                 :

Berdasarkan analisis jurnal ini terdapat beberapa hasil yang sangat penting dari penelitian jurnal ini. Diantarannya adalah bahwa nilai rata – rata kekayaan pihak reasuransi sebesar $ 319.000.000 sedangkan asuransi primer $ 213.000.000. Maka hal ini menggambarkan bahwa perusahaan reasuransi nilai rata – rata kekayaannya lebih besar $ 106.000.000 dibandingkan perusahaan asuransi primer. Selain itu sistem distribusi yang digunakan perusahaan reasuransi menunjukkan bahwa 26% menggunakan sistem distribusi keagenan, 30% menggunakan sistem direct –writer, dan 40% menggunakan sistem broker. Sedangkan perusahaan asuransi primer menggunakan 70% sistem distribusi keagenan, 23% sistem direct – writer, dan 4% menggunakan sistem broker. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem keagenan asuransi primer lebih menonjol daripada perusahaan reasuransi dan sistem broker lebih banyak digunakan oleh perusahaan reasuransi.

Sedangkan analisis kinerja perusahaan dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa regresi CRAD (rasio gabungan) perusahaan  reasuransi domestic sebesar 21,82% lebih signifikan daripada perusahaan asuransi primer yang hanya 1%. Sehingga disimpulkan bahwa rasio gabungan perusahaan reasuransi lebih tinggi daripada perusahaan asuransi primer.

Selain itu, perusahaan reasuransi domestik di Amerika yang professional tidak akan melakukan financial terhadap asuransi primer hal ini dapat memperjelas bahwa pasar reasuransi di Amerika Serikat lebih kompentitif dibandingkan pasar asuransi primer.

7.    Kesimpulan                    :

Jurnal ini membahas mengenai masalah perusahaan reasuransi domestik di Amerika yang tidak berkembang pesat karena masalah persaingan. Pesaingan utamanya adalah perusahaan asuransi primer yang mempercayakan perusahaan asing (reasuransi asing) untuk melakukan bisnis dengan mereka sehingga perusahaan reasuransi domestic Amerika Serikat terlihat lesu dan tidak mengalami perkembangan secara signifikan.

Hasil penelitian yang telah disebutkan diatas dapat menunjukkan bahwa sebenarnya  pasar perusahaan reasuransi domestic di Amerika lebih kompetitif dibandingkan perusahaan asuransi primer. Oleh sebab itu, seharusnya pelaku ekonom atau nasabah asuransi di Amerika Serikat lebih sering menggunakan reasuransi domestic daripada asuransi primer yang mengasuransikan/melakukan bisnis dengan reasuransi asing. Walaupun ada hal positif yang diterima melalui bisnis tersebut namun ada baiknya bila lebih mempercayakan kinerja perusahaan reasuransi domestic agar bisnis ini dapat berkembang dengan baik.



Nama     : Hapsari Widayani  
Kelas      : SMAK 05 
NPM       : 23211213

Tidak ada komentar:

Posting Komentar